3.10 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense).
4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Materi Pokok
Teks interaksi transaksional terkait tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau.
Fungsi Sosial
Melaporkan, menceritakan, menjelaskan kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau.
Menyatakan suatu keadaan atau kejadian yang terjadi di waktu lampau selalu memiliki maksud (fungsi sosial) tertentu, antara lain menceritakan, melaporkan, menjelaskan. Oleh karena itu, contoh-contoh kalimat yang diberikan kepada peserta didik bukan asal kalimat dalam simple past tense, tetapi kalimat yang memiliki maksud atau fungsi sosial tertentu. Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat yang menunjukkan bahwa perbandingan antara keadaan sebelumnya dan keadaan saat ini dapat dibandingkan
secara efektif dengan menggunakan dua tenses: simple past tense dan simple present tense.
Struktur Teks
• Memulai.
• Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan).
Untuk menyatakan keadaan atau kejadian di waktu lampau jarang dilakukan dalam satu kalimat berdiri sendiri, tetapi biasanya dikaitkan dengan pernyataan sebelum dan sesudahnya, baik yang dikatakan oleh orang yang sama maupun orang lain, yang berfungsi memberikan penjelasan atau justru diberikan penjelasan oleh perbandingan tersebut.
Unsur Kebahasaan
• Kalimat deklaratif dan interogatif dalam bentuk simple past tense.
• Nomina tunggal dan jamak dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
• Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
Unsur kebahasaan yang paling berperan untuk menyatakan suatu keadaan, kejadian, dan kegiatan adalah unsur verba dalam tense tertentu. Jika dalam bahasa Indonesia unsur verba hanya terdiri dari satu kata kerja yang berfungsi sebagai predikat, dalam bahasa Inggris digunakan kelompok verba yang terdiri dari setidaknya dua unsur kata kerja, yaitu kesatuan predikat dan finite.
Bahasa Inggris memiliki 3 finite, (1) be dengan predikat dalam bentuk present participle (i.e. be writing, be sleeping)) dalam tense Continuous, (2) have dengan predikat dalam bentuk past participle (i.e. have written, have slept) dalam tense Perfect, dan (3) do dengan predikat dalam bentuk infinitif (i.e. do write, do sleep) dalam tense Simple. Masing-masing tense memiliki tiga kemungkinan bentuk, yaitu (1) Present, (2) Past, dan (3) dengan kata kerja Modal. Perfect dan Continuous dapat dikombinasikan.
Simple tense berbeda dengan continuous tense dan perfect tense, yaitu finite ‘do’ hanya muncul pada kalimat negatif dan interogatif, dan hampir tidak pernah muncul dalam kalimat positif. Kemunculannya dalam kalimat positif biasanya berfungsi untuk memberikan penekanan, misalnya I do like it! dan He did come. Bab ini mengajarkan cara menyatakan keadaan, kegiatan, dan kejadian dalam waktu lampau dengan bentuk simple past tense (bagian dalam tabel yang diarsir). Dua hal yang perlu diketahui peserta didik yaitu (1) unsur verba dalam kalimat bukan hanya terdiri dari satu kata, tetapi minimal dua kata (finite + predikat), (2) dalam bentuk positif unsur finite dan predikat tersebut ‘menyatu’ dalam bentuk ‘preterite’ atau ‘past’ (contoh did go = went, did play = played, did write = wrote). Tetapi dalam bentuk negatif dan pertanyaan, tetap digunakan bentuk finite + predikat. Oleh karena itu, peserta didik perlu dibiasakan untuk menghafal perubahan bentuk predikat tersebut. Logika perubahan bentuk tersebut tidak dapat dijelaskan, tetapi hanya dapat dihafalkan. Hal ini hanya dapat dikuasai dengan banyak ‘berinteraksi’ dengan teks secara bermakna.
Topik
Kegiatan, tindakan yang (rutin) terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di dalam KI.
Task 1
Was or were?, an interactive worksheet by victor
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 2
Was or were, an interactive worksheet by AnetaDraganova
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 3
Simple Past Tense (Regular Verbs), an interactive worksheet by Teacher_Farahah
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 4
Past tense (regular verb) II, an interactive worksheet by Tc_Arifah
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 5
Simple Past Tense (Irreglar Verbs), an interactive worksheet by Teacher_Farahah
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 5.1
Simple Past Tense (Regular-Irregular Verbs), an interactive worksheet by Teacher_Farahah
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 5.2
Task 5.1
Past tense (irregular verb-part 1), an interactive worksheet by Tc_Arifah
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 6
Simple past tense, an interactive worksheet by Tc_Arifah
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 7
Wasn-t weren-t, an interactive worksheet by EEPT
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 8
Past simple - positive and negative sentences - part 1, an interactive worksheet by matejasukic
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 9
Past simple - positive and negative sentences - part 2, an interactive worksheet by matejasukic
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 10
Past simple regular verbs negative and interogative practice, an interactive worksheet by Merav
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 11
Questions with did, an interactive worksheet by isaamatarranz
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 12
Simple Past, an interactive worksheet by Giovit
liveworksheets.com
liveworksheets.com
Task 13
Task 10
Untuk melatih dan mendalami Latihan dan pembahasan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense). Silahkan klik disini/halaman berikutnya.

No comments:
Post a Comment